[REVIEW] ASUS ZenBook Flip S (UX371), Laptop Terbaik Serbaguna untuk Insan Kreatif

Laptop merupakan salah satu perangkat komputasi yang paling banyak diandalkan saat ini. Selain situasi yang semakin memaksa orang-orang untuk bekerja dan berkegiatan dari rumah, laptop juga sangat ideal untuk mendukung berbagai jenis kebutuhan penggunaan, mulai dari pekerjaan kantoran, menikmati hiburan multimedia, bermain game, bahkan hingga menyokong kegiatan para insan kreatif.


Namun untuk sebagian pengguna seperti para insan kreatif, laptop dengan format “standar” tersebut bisa jadi belum bisa menjadi perangkat yang dapat menunjang kreativitasnya. Hal tersebut dikarenakan desain clamshell memang pada dasarnya dirancang untuk digunakan bersama touchpad atau mouse yang bukan merupakan perangkat kontrol terbaik untuk para insan kreatif saat menggunakan laptop. Mereka membutuhkan perangkat kontrol yang lebih intuitif seperti pen tablet sehingga laptop dapat dijadikan kanvas digital yang dapat mewujudkan imajinasinya.



Mengapa tidak menggunakan laptop “standar” yang ditambah dengan pen tablet? Bagi sebagian insan kreatif, hal tersebut akan merepotkan. Selain manambah jumlah perangkat yang harus dibawa, pen tablet standar tidak memiliki layar sehingga penggunanya harus dapat menggunakan pen tablet tersebut dengan mata melihat ke layar laptop. Cara tersebut memang tidak seperti saat menggambar di atas kertas, dimana goresan pena dapat dilihat langsung setelah ujung penanya bergerak. Lalu apa solusinya?


Menggunakan laptop convertible bisa menjadi solusi. Berbeda dengan laptop “standar”, laptop convertible memiliki layar yang dapat diputar hingga 360 derajat dan dapat digunakan layaknya sebuah tablet. Dengan fitur tersebut, para insan kreatif dapat menggunakan laptop convertible layaknya sebuah kanvas digital yang sangat interaktif.


Sebagai produsen laptop paling inovatif di tahun 2020 menurut PCMag, ASUS tentu saja memiliki sejumlah laptop convertible dengan seri terbaik adalah ZenBook Flip S. Jika ZenBook S merupakan seri laptop paling premium dan paling ringkas dari ASUS, ZenBook Flip S merupakan versi convertible-nya. Di tahun 2021 kali ini, ASUS memperkenalkan ZenBook Flip S (UX371) yang tidak hanya memiliki desain premmium dan ringkas, tetapi juga powerful dan dilengkapi dengan fitur penunjang untuk para insan kreatif.


Diarancang Sepenuhnya untuk Insan Kreatif


Apa yang telah dihadirkan oleh ASUS pada ZenBook Flip S (UX371) sehingga laptop ini dapat berfungsi sebagai perangkat penunjang para insan kreatif secara optimal? Pertama yang ditingkatkan oleh ASUS tentu saja adalah layarnya.


ZenBook Flip S (UX371) kali ini telah dilengkapi dengan panel layar OLED yang memiliki resolusi 4K. Di spesifikasi ini ZenBook Flip S (UX371) menjadi tampil lebih unggul dibandingkan kompetitornya, dimana insan kreatif seperti fotografer, komikus, atau ilustrator, lebih membutuhkan layar berkualitas sehingga setiap detail gambar dapat ditampilkan di layar laptop ini. Kualitas reproduksi warna di layar ZenBook Flip S (UX371) juga dibuktikan oleh tingkat reproduksi awrna pada color space DCI-P3 hingga 100% dan sertifikasi dari PANTONE sehingga laptop ini dipastikan dapat menunjang kebutuhan profesional kreatif.



Berbeda dengan panel layer lainnya, OLED menawarkan kualitas dan akurasi warna lebih baik khususnya pada reproduksi warna hitam dimana hanya panel OLED yang mampu mereproduksi warna hitam yang sesungguhnya. Panel OLED juga mampu menampilkan kontras warna yang lebih baik dan telah mendukung fitur HDR yang tersertifikasi langsung oleh VESA. Konten HDR menawarkan detail gambar yang jauh lebih baik karena memiliki dynamic range lebih luas, dan hanya panel yang mendukung HDR yang dapat menampilkan seluruh detail gambar tersebut.


Sebagai laptop convertible, ZenBook Flip S (UX371) hadir dengan layar yang dapat diputar sejauh 360 derajat. Berkat layarnya yang sangat fleksibel, ZenBook Flip S (UX371) dapat digunakan dalam berbagai mode, termasuk mode tablet dan membuat laptop ini digunakan layaknya sebuah kanvas digital. Agar dapat digunakan secara lebih intuitif, ASUS menghadirkan layar yang telah mendukung penggunaan stylus dengan 4096 pressure level. Melalui fitur terkini tersebut, banyak hal dapat dilakukan oleh para insan kreatif melalui aplikasi yang digunakannya.


Selain dirancang untuk kebutuhan penggunaan profesional, layar ZenBook Flip S (UX371) juga dapat menjaga kesehatan mata penggunanya karena telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk flicker free dan low blue light. Artinya, layar ZenBook Flip S (UX371) memiliki layar yang minim emisi gelombang cahaya biru dan tidak menghasilkan efek flicker. Apa efeknya bagi kesehatan? Sertifikasi tersebut menendakan bahwa layar ZenBook Flip S (UX371) tidak akan membuat mata penggunanya cepat lelah dan terpapar gelombang cahaya biru yang berlebihan sehingga dapat menjaga kesehatan mata dalam jangka panjang.


 


Desain Premium dan Sangat Ringkas


Sama seperti seri ZenBook S, ZenBook Flip S (UX371) mengusung desain premium yang sangat ringkas. Bagian sudut-sudutnya misalnya, dimana ASUS sengaja memangkas sedikit beberapa bagian menyudut dan membentuk potongannya mirip dengan potongan berlian. Inilah yang disebut dengan diamond-cut design yang banyak sekali diapresiasi karena terlihat mewah dan premium.Untuk menambah kesan premium, ASUS menambahkan desain ekstra berupa garis berwarna tembaga atau disebut dengan Red Copper mengelilingi bodi ZenBook Flip S (UX371). Berkat desain ekstra tersebut, ZenBook Flip S (UX371) terlihat sangat berbeda dan lebih mudah dikenali dari jauh. Hal tersebut sangat penting untuk menegaskan bahwa ZenBook Flip S (UX371) adalah produk premium.


Mungkin beberapa dari Anda tidak terlalu peduli dengan desain tersebut. Meski demikian, bukan berarti ZenBook Flip S (UX371) tidak layak untuk diperhatikan. Huruf “S” yang terdapat di nama ZenBook Flip S (UX371) memiliki arti “slim” dan “sophisticated” atau tipis dan mewah. Jika barusan kita telah membahas bagaimana ZenBook Flip S (UX371) dapat tampil lebih mewah, kali ini mari kita bahas bagian “slim”-nya.



 


ZenBook Flip S (UX371) hadir dengan bodi yang sangat tipis dan ringkas. Ketebalan bodinya hanya 11,9mm dan bobotnya hanya 1,2kg yang artinya laptop ini dapat masuk ke dalam tas dengan mudah dan menjadi teman para insan kreatif sehingga mereka dapat tetap berkarya di manapun dan kapanpun.


Satu hal yang perlu diketahui, ZenBook Flip S (UX371) bukanlah laptop convertible paling tipis. Hal tersebut dikarenakan ASUS lebih mengutamakan pengalaman penggunaan yang maksimal pada laptop ini. Pengalaman penggunaan yang dimaksud adalah menghadirkan port yang lengkap. Selain dua port USB Type-C dengan dukungan koneksi Thunderbolt 4, ZenBook Flip S (UX371) juga dilengkapi dengan USB Type-A 3.2 dan HDMI. Kedua port tersebut memang jarang sekali hadir di sebuah ultrabook karena sebagian besar produsen ultrabook lebih suka berlomba untuk mendapatkan titel laptop paling tipis di produknya, namun memaksa penggunanya untuk membeli dan menggunakan dongle yang jelas merepotkan.


Lebih Nyaman dan Ergonomis


Berbeda dengan pendahulunya, ZenBook Flip S (UX371) kini dirancang agar penggunanya lebih nyaman ketika menggunakan laptop ini. Selain berkat 360 ErgoLift Hinge yang dapat membuat posisi mengetik menjadi lebih ergonomis, ZenBook Flip S (UX371) kali ini juga tampil dengan beragam fitur yang membuat pengalaman penggunaannya lebih nyaman.



Pertama adalah fitur Edge-to-Edge Keyboard, yaitu desain keyboard terbaru yang lebih lebar dan memiliki ukuran tombol lebih luas. Fitur ini memaksimalkan ruang yang sangat terbatas pada ZenBook Flip S (UX371) agar dapat menghadirkan pengalaman mengetik terbaik.


Menemani keyboard-nya adalah sebuah touchpad dengan ukuran lebih untuk kontrol yang lebih baik. Selain itu, ZenBook Flip S (UX371) juga hadir dengan touchpad yang telah dilengkapi dengan fitur NumberPad 2.0. Fitur tersebut memungkinkan pengguna ZZenBook Flip S (UX371) mengubah fungsi touchpad menjadi numpad melalui satu sentuhan saja. Bagi mereka yang sering menggunakan numpad untuk bekerja, ZenBook Flip S (UX371) adalah laptop ringkas yang tepat untuk digunakan.


Port dan Konektivitas yang Lengkap


Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ZenBook Flip S (UX371) memiliki port lengkap sehingga penggunanya tidak perlu lagi menggunakan dongle. Tidak hanya dua port Thunderbolt 4 USB Type-C, ZenBook Flip S (UX371) juga masih dibekali dengan port HDMI dan USB Type-A.



 


Bagaimana dengan koneksi nirkabelnya? Sebagai laptop modern yang berkelas ZenBook Flip S (UX371) tentu saja dilengkapi dengan teknologi konektivitas terkini, salah satunya adalah WiFi 6. Teknologi WiFi terbaru tersebut tidak sendirian. Ia ditemani dengan fitur WiFi Smart Connect yang membuat pengalaman menggunakan ZenBook Flip S (UX371) semakin mudah dan nyaman.



Fitur WiFi Smart Connect memungkinkan ZenBook Flip S (UX371) untuk dapat mendeteksi sinyal WiFi paling optimal yang bisa ditangkap oleh laptop ini. Dari sana, fitur WiFi Smart Connect dapat menghubungkan ZenBook Flip S (UX371) secara otomatis ke sumber sinyal (router) yang paling optimal sehingga Anda akan selalu mendapatkan konektivitas terbaik meski sering berpindah tempat.


Nyaman untuk WFH


Di masa pandemi saat ini, semakin banyak orang yang bergantung pada laptop agar dapat tetap bekerja dari rumah. ZenBook Flip S (UX371) memiliki beberapa keunggulan sebagai sebuah laptop penunjang kegiatan work from home (WFH). Selain dibekali dengan spesifikasi yang sangat mumpuni dan memiliki mobilitas tinggi berkat desain bodinya yang sangat ringkas, ZenBook Flip S (UX371) ternyata juga ditemani oleh dua fitur baru penunjang WFH.


Pertama adalah fitur yang memungkinkan kamera pada ZenBook Flip S (UX371) dapat menampilkan gambar lebih baik dan lancar dibandingkan sebelumnya. ASUS menghadirkan teknologi bernama IR camera-tuning yang membuat kamera infra merah pada ZenBook Flip S (UX371) dapat menampilkan gambar yang lebih baik.



 


Kamera infra merah di ZenBook Flip S (UX371) juga berguna sebagai fitur keamanan. Didukung oleh fitur Windows Hello, kamera infra merah di ZenBook Flip S (UX371) memiliki kemampuan untuk memindai wajah penggunanya secara presisi, bahkan dalam kondisi kurang cahaya. Sistem pemindaian wajah tersebut membuat ZenBook Flip S (UX371) lebih aman karena Anda tidak perlu lagi mengetikkan password yang bisa saja dilihat oleh orang lain.


Kedua, ZenBook Flip S (UX371) dilengkapi dengan array microphone yang didukung oleh teknologi AI Noise Cancelling. Fitur ini bisa dikatakan sangat penting jika Anda sering melakukan call conference atau bahkan video conference.



AI Noise Cancelling di ZenBook Flip S (UX371) mampu meredam suara bising di latar belakang dan memperjelas suara Anda yang sedang berada di depan laptop. Bagi Anda yang seringkali bekerja di lingkungan yang berisik, fitur ini memang menjadi sangat penting. Kini Anda tidak perlu lagi khawatir sesi conference call terganggu oleh suara berisik di sekitar Anda ketika bekerja.


Performa Terbaik di Kelasnya


ASUS ZenBook Flip S (UX371) merupakan salah satu varian ZenBook terbaru yang ditenagai oleh prosesor 11th Gen Intel Core. Tentu saja dengan prosesor baru, ZenBook Flip S (UX371) dipastikan dapat tampil dengan performa lebih baik dari laptop yang masih menggunakan prosesor generasi sebelumnya. Tidak hanya dari sisi performa CPU, ZenBook Flip S (UX371) juga memiliki performa grafis yang lebih baik berkat chip grafis terintegrasi Intel Iris Xe Graphics terbaru.



Terlihat dari hasil benchmark, ZenBook Flip S (UX371) tampak gesit dan powerful untuk sebuah ultrabook convertible yang sangat ringkas. Kombinasi performa tersebut sangat penting, karena para insan kreatif yang menggunakan laptop ini seringkali menggunakan aplikasi yang tidak hanya membutuhkan performa CPU, tetapi juga performa grafis yang mumpuni.


 


ZenBook Flip S (UX371) hadir dengan bodi yang sangat tipis dan ringkas, namun demikian bukan berarti laptop ini tidak dapat menemani penggunanya seharian. ZenBook Flip S (UX371) hadir sebagai laptop berlabel Intel EVO Platform, yang artinya laptop ini mampu bekerja secara responsif dan memiliki daya tahan baterai yang panjang.



Dalam pengujian yang telah kami lakukan, ZenBook Flip S (UX371) yang menggunakan layar OLED beresolusi 4K mampu bertahan hingga 9 jam 52 menit menggunakan PCMark Battery Test pada mode Modern Office. Artinya, secara kasar laptop ini sudah mampu menemani penggunanya hingga hampir 10 jam untuk bekerja dan menjalankan aplikasi kantoran.



 


Sebagai sebuah laptop convertible, ZenBook Flip S (UX371) harus memiliki suhu operasional yang rendah agar tetap nyaman digunakan saat pada mode tablet. ASUS berhasil menjawab tantangan tersebut melalui sistem pendingin khusus yang digunakan di ZenBook Flip S (UX371). Sistem pendingin tersebut mampu menjaga suhu laptop convertible ini secara stabil pada kisaran 65 derajat Celsius dalam kondisi full load. Hal tersebut membuat ZenBook Flip S (UX371) tetap nyaman digunakan di berbagai mode penggunaan.



 









































































Main Spec.ASUS ZenBook Flip S (UX371)
CPUIntel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Operating SystemWindows 10 Home
Memory16GB LPDDR4X
Storage1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Display13.3″ (16:9) OLED 4K UHD (3840 x 2160), 400 nits, 100% DCI-P3, 133% sRGB, NanoEdge Display, Touchscreen, PANTONE® Validated display, TÜV Rheinland eye-care certified display
GraphicsIntel® Iris® X Graphics
Input/Output1x HDMI 1.4, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 USB Type-C supports display and power delivery
CameraHD camera with IR function to support Windows Hello
ConnectivityIntel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
AudioSonicMaster, Smart Amp Technology, Built-in array microphone, harman/kardon certified
Battery67WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension30.50 x 21.10 x 1.19 1.39 cm
Weight1.20 kg
ColorsJade Black
PriceRp24.999.000
Warranty2 tahun garansi global

 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel